Selayang Pandang ” Pengabaian terhadap bahasa Indonesia lambat-laun akan meruntuhkan NKRI. Jika saja bahasa Indonesia tidak ada, ...

Seminar dan Lokakarya Kebahasaan dan Kesastraan di Era Milenial dan Industri 4.0


Selayang Pandang

Pengabaian terhadap bahasa Indonesia lambat-laun akan meruntuhkan NKRI. Jika saja bahasa Indonesia tidak ada, jangan-jangan Negara Kesatuan Republik Indonesia juga tidak pernah ada.” 
(Prof. Dr. Dadang Sunendar, Kepala Badan Bahasa dan Perbukuan)


Permasalahan pengajaran bahasa Indonesia dan keberhasilannya, tidak terlepas dari belum meratanya profesionalitas guru bahasa Indonesia. Rendahnya budaya baca–tulis di kalangan guru bahasa Indonesia dan generasi muda masih menjadi perhatian utama. Menyikapi hal tersebut, peningkatan mutu pendidikan, terutama dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, mutlak diperlukan. Peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia baik oleh guru maupun semua pihak dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia harus terus diupayakan melalui berbagai kegiatan ilmiah baik di dalam maupun di luar sekolah. 

Sebagai wujud kepedulian terhadap perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, maka Asosiasi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia (AGBSI) bekerja sama dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud serta PPPPTK Bahasa menyelenggarakan kegiatan Seminar dan Lokakarya (Semiloka) Kebahasaan dan Kesastraan di Era Milenial dan Revolusi Industri 4.0.

Kegiatan ini ditargetkan akan diikuti kurang lebih 100 orang guru Bahasa dan Sastra Indonesia dari seluruh Indonesia. Nantinya, para peserta diharapkan menyiapkan best practice untuk dikumpulkan pada waktu yang telah ditentukan. Selanjutnya, best practice peserta akan dibukukan dalam bentuk prosiding. Partisipasi kegiatan semiloka ini adalah Rp200.000,00 yang dapat langsung ditransfer kepada panitia melalui Bank BJB Syariah, nomor rekening 0010102889101 atas nama Asosiasi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia. Setelah mentransfer partisipasi pendaftaran, peserta wajib mengisi identitas pribadinya pada tautan berikut:
https://bit.ly/SemilokaAGBSI

Adapun fasilitas yang akan didapatkan peserta antara lain:
    a. Uji Kompetensi Bahasa Indonesia (UKBI)
    b. Seminar Kit
    c. Akomodasi selama kegiatan (3 hari 2 malam)
    d. Sertifikat

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat menghubungi panitia atas nama Dian Suratri, M.Pd. Ponsel 08970516409.

Beberapa pemateri yang akan mengisi kegiatan Semiloka Kebahasaan dan Kesastraan di Era Milenial dan Revolusi Industri 4.0 ini adalah:
1) Prof. Dr. Dadang Sunendar  (Kepala Badan Bahasa dan Perbukuan)
2) Dr. Luizah F.  Saidi, (Kepala PPPPTK Bahasa)
3) Dr. Andoyo Sastromiharjo, M.Pd. (Dosen UPI Bandung)
4) Dr. Yeti Mulyati, M.Pd. (Dosen UPI Bandung)
5) Endang Kurniawan, M.Pd. (Widyaiswara PPPTK Bahasa dan Penulis)
6) Helvy Tiana Rosa (Dosen dan Novelis)
7) Agus R. Sardjono (Sastrawan)
8) Erni Wardani, M.Pd. (Guru/ Penulis/ Praktisi Pembelajaran Bahasa Indonesia)


Waktu dan Tempat Kegiatan

Semiloka Kebahasaan dan Kesastraan di Era Milenial dan Revolusi Industri 4.0 dilaksanakan pada tanggal 4-6 Oktober 2019, yang akan dilaksanakan di Gedung PPPTK Bahasa, Jakarta. Jadwal kegiatan akan dijabarkan dalam Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis Kegiatan.


0 coment�rios: