Pengetahuan Umum oleh: Admin Blog video (bahasa Inggris: video-Blogging, atau bisa disingkat "vlog" atau vlogging (diucap...

Vlog Kritik Sastra dan Contohnya

Pengetahuan Umum oleh:
Admin

Blog video (bahasa Inggris: video-Blogging, atau bisa disingkat "vlog" atau vlogging (diucapkan "vlogging", bukan "v-logging"), atau vidblogging, merupakan suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video di atas penggunaan teks atau audio sebagai sumber media perangkat seperti ponsel berkamera, kamera digital yang bisa merekam video, atau kamera murah yang dilengkapi dengan mikrofon merupakan modal yang mudah untuk melakukan aktivitas blog video.

Blog video masih dapat disebut sebagai bentuk lain dari televisi internet. blog video biasanya ada juga yang dilengkapi dengan keterangan teks atau gambar foto, serta untuk beberapa blog video, menyantumkan metadata lainnya.

Blog video sendiri dapat dibuat dalam bentuk rekaman satu gambar atau rekaman yang dipotong ke beberapa bagian. Dengan perangkat lunak yang tersedia, seseorang dapat menyunting video yang mereka buat dan memadukannya dengan audio, serta menggabungkan beberapa rekaman ke dalam satu gambar, sehingga menjadi suatu rekaman blog video yang padu.

Selanjutnya, kritik sastra adalah salah satu cabang ilmu sastra untuk menghakimi suatu karya sastra. Selain menghakimi karya sastra, kritik sastra juga memiliki fungsi untuk mengkaji dan menafsirkan karya sastra secara lebih luas. Kritik sastra biasanya dihasilkan oleh kritikus sastra. Penting bagi seorang kritikus sastra untuk memiliki wawasan mengenai ilmu-ilmu lain yang berkaitan dengan karya sastra, sejarah, biografi, penciptaan karya sastra, latar belakang karya sastra, dan ilmu lain yang terkait. Kritik sastra memungkinkan suatu karya dapat dianalisis, diklasifikasi dan akhirnya dinilai. Seorang kritikus sastra mengurai pemikiran, paham-paham, filsafat, pandangan hidup yang terdapat dalam suatu karya sastra. Sebuah kritik sastra yang baik harus menyertakan alasan-alasan dan bukti-bukti baik langsung maupun tidak langsung dalam penilaiannya.

Dengan demikian, vlog kritik sastra adalah sebuah karya berbentuk video blogging yang berisikan pengkajian terhadap sebuah karya sastra.

Berikut ini merupakan contoh vlog sastra yang bisa dipakai sebagai referensi:
1. Contoh Video Cut to Cut


Cek juga pendapat para sastrawan tentang vlog kritik sastra:
2. Pendapat Sastrawan tentang Vlog Kritik Sastra



Contoh lain tentang vlog kritik sastra bisa dilihat di sini:
3. Contoh video penuh



Penjelasan tentang puisi esai juga bisa dilihat di sini:
4. Penjelasan puisi esai


Penjelasan tentang membuat catatan kaki pada puisi/kritik sastra yang ditulis, di sini:
5. Penjelasan catatan kaki

0 coment�rios: