Selayang Pandang ”Wahai Pak Guru jangan kami disalahkan atau dicerca Bila kami tidak mampu mengembangkan kosa kata Selama ini kami ka...

Jambore Sastra Nasional 2019


Selayang Pandang

”Wahai Pak Guru jangan kami disalahkan atau dicerca
Bila kami tidak mampu mengembangkan kosa kata
Selama ini kami kan diajar menghafal dan menghafal saja
Mana ada dididik mengembangkan logika
Mana ada diajar berargumentasi dengan pendapat yang berbeda
Dan mengenai masalah membaca buku dan karya sastra
Pak guru sudah tahu sama sekali
Mata kami rabun novel, rabun cerpen, rabun drama, dan rabun puisi
Tapi mata kami kan nyalang bila menonton televisi.”
(Taufik Ismail, “Pelajaran Tata Bahasa dan Mengarang”)


Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan satu kesatuan dengan sastra Indonesia. Guru bahasa Indonesia sebagai sosok yang membelajarkan bahasa, mendidik karakter dan juga berkarya dalam bersastra. Tidak semua guru bahasa Indonesia memiliki kompetensi dalam bersastra. Ini merupakan suatu tantangan besar, karena pada perkembangannya banyak peserta didik yang juga sebagai penikmat sastra sering bertanya tentang karya yang dibuat oleh guru, baik itu berupa puisi, prosa maupun pementasan drama. 

Sebagai wujud kepedulian terhadap sastra Indonesia dan pembelajarannya, maka Asosiasi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia (AGBSI) menyelenggarakan kegiatan Jambore Sastra Nasional tahun 2019 (JSN 2019).

JSN 2019 ditargetkan akan diikuti kurang lebih 300 orang guru Bahasa dan Sastra Indonesia dan peserta didik pencinta sastra Indonesia seluruh Indonesia. Biaya kegiatan JSN 2019 adalah Rp350.000,00 yang dapat langsung ditransfer kepada panitia melalui Bank BJB Syariah, nomor rekening 0010102889101 atas nama Asosiasi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia. Informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat menghubungi panitia atas nama Dian Suratri, M.Pd. Ponsel 08970516409.

Beragam kegiatan JSN 2019 akan dikemas dalam bentuk Kemah Puisi; Kemah Prosa; Kemah Drama; dan Kemah Dongeng. Dengan tema: Bersastra, berkarya, dan berkarakter untuk Indonesia Emas, JSN 2019 diharapkan dapat memunculkan semangat baru bagi kita semua melalui pendekatan sastra Indonesia baik dalam pembelajaran di kelas maupun di kehidupan sehari-hari.


Waktu dan Tempat Kegiatan

Jambore Sastra Nasional 2019 dilaksanakan pada tanggal 5-7 Juli 2019, yang akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Mandalawangi Cipanas Cianjur, Jawa Barat. Pembagian kegiatan akan dijabarkan dalam Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis Kegiatan.



8 comments:

  1. Kemah drama, maksudnya kita mengapresiasi naskah drama/pertunjukkan? Lomba pementasan drama antar peserta

    ReplyDelete
  2. Bisa diperjelas untuk teknis masing-masing kegiatan😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan daftar atau tanyakan langsung ke narahubung kami Pak :)

      Delete
  3. Wujud kepedulian terhadap sastra.Yok kita dukung dengan berperan serta secara aktif dalam kegiatan ini

    ReplyDelete
  4. Wujud kepedulian terhadap sastra.Yok kita dukung dengan berperan serta secara aktif dalam kegiatan ini

    ReplyDelete